BlogPembatik

PEMBATIK LEVEL PUNCAK : PEMBATIK LEVEL 4

DAFTAR ISI

PENGANTAR LEVEL 4

Tidak terasa 4 bulan perjalanan saya di pembatik sudah hampir sampai di garis finish. Pembatik level 4 pun sudah akan selesai dilaksanakan setelah berbagi dan berkolaborasi bersama rekan sahabat teknologi provinsi Bali didampingi oleh Duta Teknologi di bulan Oktober 2023.

Di level 4 ini kami 30 besar yang lulus level 3 diberikan kesempatan untuk menyandang predikat sebagai Sahabat Teknologi. Sahabat Teknologi merupakan para guru hebat yang telah membuktikan kompetensinya secara lengkap dan diharapkan dapat menjadi mitra Dinas Pendidikan provinsi/kabupaten/kota di wilayah masing-masing dalam menggerakkan pendayagunaan TIK untuk pembelajaran. Sahabat Teknologi pun berkesempatan untuk mengikuti seleksi Duta Teknologi, yakni peserta terbaik di setiap Provinsi. Duta Teknologi bertugas bagi guru lain serta melakukan upaya penyebaran dan peningkatan pemanfaatan platform teknologi untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka di provinsi masing-masing.

Secara jadwal ada beberapa modul yang harus diselesaikan di google classroom
Modul-modul tersebut diantaranya adalah:

         1. Publikasi Karya Tulis untuk Pengembangan Profesi Guru.
         2. Membangun Komunikasi dan Kolaborasi dalam Pemanfaatan Platform Teknologi dan;
         3. Strategi Berbagi Memanfaatkan Media Sosial.

Sahabat Teknologi juga diharapkan dapat melanjutkan perjalanan mengajarnya dengan kemampuan untuk:

  • Memanfaatkan media sosial sebagai sarana berbagi konten dan materi pembelajaran;
  • Memiliki kemampuan dasar komunkasi yang baik (secara personal, interpersonal maupun publik).
  • Memiliki sikap dan kematangan bertindak dalam pemanfaatan TIK
  • Memiliki kemampuan membaca data, menganalisis, memprediksi dan mengantisipasi
  • Memiliki semangat yang tinggi dan senantiasa memberi inspirasi
  • Menerapkan pembelajaran secara kolaboratif
  • Memiliki kemampuan menuangkan gagasan secara tertulis, baik tulisan populer argumentatif, maupun karya tulis ilmiah.

KISAH PERJUANGAN DI PEMBATIK LEVEL 1-3

Sebelum menceritakan perjalanan saya di Pembatik di Level 4 tahun 2023 ada beberapa perjalanan yang bisa disimak terkait dengan Pembatik level sebelumnya.

Perjalanan Pembatik Level 1 klik di https://gpwira.com/index.php/2023/10/23/perjalanan-pembatik-level-1/

Perjalanan Pembatik Level 2 klik di https://gpwira.com/index.php/2023/10/23/tangga-ke-2-di-pembatik/

Hasil karya Pembatik Level 2 bisa dinikmati di https://gpwira.com/index.php/2023/10/23/hasil-karya-pembatik-level-2/

Perjalanan Pembatik Level 3 klik di https://gpwira.com/index.php/2023/10/23/akhirnya-sampai-di-level-3/

Hasil karya Pembatik Level 3 bisa dinikmati di https://gpwira.com/index.php/2023/10/23/hasil-pembatik-level-3/

PERJALANAN PEMBATIK LEVEL 4

Sejak 6 Oktober saat kami diundang untuk masuk ke group WA dan Google Classroom oleh bapak I Made Agus Suputrayasa (klik untuk kepo identitas beliau disini) selaku Duta Teknologi Provinsi Bali 2023 akhirnya perjalanan kami di Pembatik Level 4 resmi dimulai. Setelah mempelajari materi di google classroom dan melaksanakan pembelajaran memanfaatkan teknologi informasi yang berpihak pada siswa di tanggal 13 Oktober kami bertemu bersama BLPT, Duta Teknologi, dan juga Seluruh Sahabat Teknologi Provinsi Bali

Pada tanggal 13 tersebut saya diberikan penjelasan tugas dan tagihan yang harus kami selesaikan di Pembatik Level 4 seperti melaksanakan pembelajaran menggunakan aplikasi berbasis teknologi informasi, membuat vlog pembelajaran berbasis teknologi informasi, dan melaksanakan berbagai praktek baik di PMM bersama sahabat teknologi Provinsi Bali. Setelah itu barulah dilaksanakan pembahasan rencana aksi yang akan dilaksanakan pada level 4 ini. Dan pada kesempatan ini kami juga dikelompokkan untuk melaksanakan berbagi praktek. Adapun kegiatan yang kami laksanakan akan kami bahas secara mendetail di pembahasan berikut :

PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS TIK

Dalam melaksanakan pembelajaran inovatif berbasis TIK saya berusaha menerapkan hasil karya pembatik sebelumnya yaitu Media Pembelajaran Inovatif dan juga aplikasi berbasis TIK lainnya. Dalam menceritakan praktek baik yang saya lakukan dalam mewujudkan pembelajaran inovatif berbasis TIK saya akan menggunakan metode STAR.

Situasi

Di SMKN 1 Sukasada tempat saya mengajar merupakan sekolah pusat keunggulan yang memiliki siswa kurang lebih 1300 siswa di semua tingkatannya. Di dalam proses belajar mengajar Pendidikan Pancasila merupakan salah satu mata pelajaran normatif adaptif yang harus diikuti dan dipelajari siswa di kelas. Di dalam pelaksanaan pembelajaraan inovatif ada beberapa yang menjadi latar belakan masalah mengapa kami akhirnya melaksanakan pembelajaran inovatif. Hal tersebut antara lain adalah :

Dari poin-poin diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa guru perlu berinovasi dan menggunakan cara mengajar yang lebih bervariasi dan menyenangkan. Oleh karena itu, guru perlu menyusun desain pembelajaran yang Inovatif untuk meningkatkan motivasi  peserta didik dalam pembelajaran sejarah.   Praktik  pembelajaran   ini   penting   untuk dibagikan Bagi guru,  untuk   menunjukkan bahwa guru sudah melakukan praktik baik    dan  berbagi  pengalaman  dalam memecahkan permasalahan pembelajaran  kepada orang lain, serta memotivasi diri sendiri dan guru lain untuk berbuat yang terbaik bagi peserta didik. Selain itu, sebagai bahan refleksi untuk perbaikan pembelajaran secara berkelanjutan.Bagi sekolah tulisan  best practices  ini dapat menjadi koleksi di perpustakaan sekolah.Bagi peserta didik, untuk kemajuan belajar peserta didik dan bahan evaluasi untuk pembelajaran selanjutnya.4. Bagi guru lain, dapat dijadikan sebagai bahanreferensi   dalam   memecahkan permasalahan yang sama. Selain itu juga dapat membangun    kepekaan    dan kemampuan dalam berpikir kritis.   Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini Saya sebagai guru mempunyai tanggung jawab untuk   melakukan   proses   pembelajaran   ini secara efektif dengan menggunakan media dan model  pembelajaran  yang  tepat  dan  inovatif sehingga tujuan pembelajaran dan hasil belajar peserta didik bisa tercapai sesuai dengan yang diharapkan.

Tantangan 

Dalam mengatasi hal tersbut kami merasa tertantang untuk melakukan beberapa hal yaitu :

Aksi

Dalam melaksanakan dan mewujudkan pembelajaran yang inovatif berbasis teknologi informasi ada beberapa bentuk inovasi yang kami sudah laksanakan di sekolah yaitu :

Refleksi

Sebagi penutup metode STAR, ada satu hal yang sangat penting yaitu refleksi. Dimana dalam refleksi akan diukur sejauh mana efektivitas dan dampak yang bisa diberikan praktik baik ini kepada siswa, guru, dan juga sekolah termasuk refleksi untuk perbaikan pembelajarannya ke depannya. Adapun dampak dan hasil refleksi yang bisa kami sampaikan adalah :

Untuk informasi lebih lanjut kunjungi media sosial kami di http://s.id/bligp

BERBAGI DAN BERKOLABORASI

Setelah melaksanakan pembelajaran inovatif berbasis teknologi informasi. Kami sahabat teknologi diajak untuk berbagi dan berkolaborasi bersama-sama. Pada kesempatan ini saya bersama bapak Ketut Sumadi Yasa dari SMP SATAP 1 Kubutambahan didampingi Duta Teknologi Provinsi Bali 2018 bapak Nyoan Haryantara berbagi di PMM melalui platform google meet. Adapun yang kami bagikan adalah Pembelajaran Inovatif dengan MPI dan Media Sosial.

Pada kesempatan ini kurang lebih 40 orang mengikuti kegiatan berbagi praktek baik yang dikemas dengan nama Bisik Pembatik #2 di google meet. Namun di absensi tercatat 34 orang yang mengisi daftar hadir dan memberikan masukan sangat positif terhadap praktek baik yang kami bagikan bersama pada waktu itu.

Berikut ini dokumentasi pelaksanaan webinar Bisik Pembatik #2

VLOG INOVASI PEMBELAJARAN

Setelah melaksanakan pembelajaran inovatif berbasis teknologi , berbagi dan berkolaborasi bersama sahabat teknologi provinsi Bali tahun 2023 sebagai tugas akhir berikut adalah Vlog Inovasi Pembelajaran yang dapat kami buat .

17 thoughts on “PEMBATIK LEVEL PUNCAK : PEMBATIK LEVEL 4

    • I Made Komara Mertayasa

      Mantap pak de Wira
      Sangat menginspirasi dan sukses๐Ÿ™

      Reply
  • Nyoman Rini Muliadi

    Perjuangan panjang yang menginspirasi. Semoga bisa menjadi motivasi bagi kami yang belum.

    Reply
    • semangat bu.. siap mendampingi tahun depan agar banyak yg lulus level 4

      Reply
  • Luh Sumentari

    Semangat pak๐Ÿ’ช

    Reply
  • Ikhwanul Furqon

    Rapi, informatif dan bagus. Keren Pak Wira.

    Reply
  • Jayarini

    Sangat menginspirasi, sukses terus

    Reply
  • Sonson Soniaji

    Sangat lugas, jelas dan menginspirasi.

    Reply
  • Fefpera Franco Hipino Fefper

    Bagus banget pak, semangat trus dan sukses kedepannya ๐Ÿ™

    Reply
  • Kusuma Dewi

    Bagus sekali blognya bapak…
    Sangat menginspirasi ๐Ÿ‘

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *